Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

[CATATAN 3 JANUARI 2018]

Mengawali postingan di awal tahun ini, mari kita berdoa agar  bisa total berhijrah dengan dijadikan pribadi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Aamin.

Sesuai dengan judulnya, pada postingan ini saya akan menuliskan ringkasan mengenai beberapa kiat agar kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya, sesuai yang diajarkan oleh agama kita, seorang muslim hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.

Sebenarnya banyak hal yang dapat dilakukan agar kita bisa menjadi lebih baik, namun dalam postingan ini saya hanya akan membahas dua poin penting saja.

  1. Berkaca

    Dalam ini kita harus melihat apa yang telah kita lakukan sebelumnya, lalu berusaha untuk memperbaikinya. Karena percuma ketika kita banyak beristigfar, namun kita tidak tahu kesalahan apa yang kita “istigfarkan”. Karena jika kita sudah mengetahui kesalahan apa yang diperbuat, maka kita akan tahu apa yang seharusnya kita lakukan dan tidak akan mengulangi perbuatan tersebut.

  2. Menjaga Ucapan

    Kita dianjurkan untuk selalu berpikir dan berkata positif, karena kita tidak akan pernah tahu kapan ALLAH SWT akan mengangkat perkataan kita menjadi doa dan menyuruh malaikat untuk mengamininya. Semarah, sekesal, sesedih, sekecewa apapun kita, jangan sampai membuat kita bertindak dan berucap yang tidak pantas. Kita harus menghadapi segala sesuatu dengan positif. Dengan selalu bertindak positif, kita dapat mengurangi resiko “sesuatu yang negatif” akan menimpa hidup kita.

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s