10 Minggu Internship di RadyaLabs

Assalamualaikum semuanya….

Pada postingan kali ini saya akan menuliskan pengalaman saya selama Kerja Praktik/Magang/Internship di RadyaLabs. Sebenarnya saya pengen nge-post ini di blog internal HMIF angkatan 2013. Tapi yaudah deh gapapa saya post di sini aja dulu, biar blognya ga sepi 🙂

KP RadyaLabs ITB_01

Foto bersama Founder dan Co-Founder RadyaLabs

Saya KP di RL bersama 2 orang teman sejurusan, yaitu ada Uswah dan Dayat. Buat yang belum tahu RadyaLabs itu apa, nih bisa dikepoin lewat link ini atau ini atau ini atau kalau mau googling sendiri juga boleh (maaf kebanyakan atau-nya ehe).

Singkatnya, Radya Labs (RL) itu  adalah sebuah startup IT yang menerima jasa pembuatan aplikasi berplatform android, iOS, windows phone, ataupun web. RL didirikan pada sekitar tahun 2011 (sekarang baru +-5 tahunan lah ya, terbilang cukup baru), namun aplikasi yang telah dibuat oleh RL terbilang cukup banyak lho, ada sekitar 80 aplikasi (berdasarkan sebuah artikel entah dimana gitu saya lupa lagi bacanya dimana ehe).

Founder dan Co-Foundernya itu alumni IF ITB 2006, total pendirinya ada 5 orang. Tiga diantaranya adalah Pak Tito (CEO), Pak Puja (CTO), dan Pak Hari (CMO) (Mereka bertiga yang sekarang sering saya lihat ada di kantor). Mereka ini memang udah sahabatan dari masa mahasiswa (kayaknya sih wkwk). Maka dari itu mereka memutuskan untuk mendirikan startup bersama.

Waktu dan Tempat KP

Kami (saya, Dayat, dan Uswah) KP disini terbagi menjadi dua part (karena ada liburan dulu sebelum dan setelah lebaran). Part pertama dimulai dari tanggal 23 Mei 2016 s.d 24 Juni 2016. Part keduanya dimulai dari 18 Juli 2016 s.d. 18 Agustus 2016. Yaa.. kurang lebih selama 10 minggu kerja kami KP. Lokasi kantor RL bertempat di Jl Sido Luhur Nomor 14, Sukaluyu, Bandung.

Sistem kerja disini cukup fleksibel, karena kami tidak harus setiap hari datang ke kantor. Jadwal kami ke kantor hanya 2 kali seminggu, yaitu setiap hari Senin dan Rabu saja, masuk jam 10.00 pulang jam 17.00. Walaupun begitu kami tetap mengerjakan tugas di kosan loh yaa.

Tapi, di KP part 2, jadwal kami berubah menjadi setiap hari Senin-Kamis, katanya sih biar “kerasa” KP-nya dan biar gampang komunikasi kalau ada apa-apa. Di sini kami berperan sebagai System Analyst, sesuai dengan jurusan kami, yaitu Sistem dan Teknologi Informasi. Selama KP kami tidak diwajibkan berpakaian ala-ala kantoran, cukup pakai jeans dan kaos juga no problem. Kecuali ketika ketemu klien, kita harus berpakaian yang sedikit rapi dan sopan.

Kerjaan di RL

Secara umum, pekerjaan kami selama KP sebagai System Analyst di RL mencakup tiga hal, yaitu analisis, desain, dan dokumentasi. Selama dua bulan KP, kami terlibat di dua proyek, yaitu proyek Aplikasi KPR dan Aplikasi Employee Benefit. Buat yang kepo tentang kedua proyek itu, berikut saya beri gambaran secara garis besarnya.

Proyek 1: Aplikasi KPR

Ketika masuk pada hari pertama KP, kami diperkenalkan dengan proyek Aplikasi KPR. Sebenarnya ini bukan proyek baru, namun proyek yang sedang dijalankan oleh RL. Saat itu, proyek ini sedang berada dalam tahap development. Pada proyek ini, dibuat sebuah aplikasi mobile (android dan iOS), sebut saja namanya “Aplikasi KPR”. Fungsi utama aplikasi ini yaitu untuk membantu orang-orang yang ingin mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Selain itu, aplikasi ini juga dapat menampilkan properti yang berada di lingkungan sekitar kita, menghitung angsuran KPR dengan kalkulator KPR (KPR biasa, KPR Muda), dan membuat janji jika sudah fix akan mengambil KPR.

Pada proyek ini, kami diminta untuk menganalisis aplikasi yang baru setengah jadi. Kami diminta untuk membandingkan perbedaan fitur aplikasi (hanya pada aplikasi android) yang telah ada dengan fitur yang ada di proposal. Selain itu, kami juga membuat dokumentasi berupa Fuctional Specification Document (FSD) untuk proyek tersebut. Komponen utama dari FSD sendiri secara garis besarnya terdiri atas database relization, usecase realization, detail element logical view design, dan detail class design.

Proyek 2: Aplikasi Employee Benefit  

Setelah selesai bekerja di proyek pertama, kami diperkenalkan dengan proyek baru. Proyek kedua yang kami tangani ini bernama “Aplikasi Employee Benefit” milik salah satu bank swasta di Jakarta. Proyek ini dimulai sejak awal bulan Juni (minggu KP ketiga). Pada proyek ini, kami benar-benar berperan sebagai System Analyst (SA). Berbeda dengan proyek yang pertama dimana kami mulai terlibat ditengah-tengah tahapan proyek, pada proyek kedua ini kami terlibat sejak awal proyek dimulai (seperti peran SA yang idealnya).

Sistem Employee Benefit ini merupakan sebuah sistem dimana bank swasta tersebut dapat “menanamkan” sebagian fungsi perbankan ke dalam suatu perusahaan. Fungsi perbankan yang dimaksud di sini adalah fungsi kredit, yang terdiri dari KPR, KPM*, dan KTA**.

Balik lagi ke pembahasan kerjaan….

Seperti biasa, hal pertama yang kami lakukan adalah analisis. Analisis yang kami lakukan berupa menganalisis dan memperlajari dokumen-dokumen spesifikasi yang telah ada (yang diberikan oleh pihak klien) dan proposal yang diajukan oleh RL sebelumnya. Dari dokumen tersebut, kami mencari tahu aktivitas-aktivitas apa saja yang nantinya dapat dilakukan oleh sistem, kemudian kami berdiskusi dan membuat keterhubungan entitas-entitas yang akan terlibat di sistem nantinya seperti apa. Selanjutnya kami mendesain kebutuhan database dan membuat database dictionary.

Pada proyek kali ini juga kami membuat FSD. Ada dua FSD yang dibuat, yaitu FSD untuk mobile dan untuk backend. Inti utama pembahasan dari FSD proyek ini adalah Detailed Design dari sistem yang akan dikembangkan tersebut yang terdiri atas Database Realization dan Use case Realization. Dalam menjabarkan desain sistemnya, kami membuat ERD dan database diagram, membuat diagram use case, dan detail dari tiap-tiap use case yang terdiri atas penjelasan tujuan use case, deskripsi, aktor yang terlibat dalam use case tersebut, diagram activity, dan screen definition-nya.

 

*KPM : Kredit Pemilikan Mobil

**KTA : Kredit Tanpa Agunan

Kick off Meeting ke Jakarta

Sesuai dengan job kami sebagai system analyst, salah satu tugas kami di proyek kedua adalah bertemu klien, untuk mendengarkan dan memahami proses bisnis dari sistem yang nanti akan dikembangkan. Ini merupakan salah satu pengalaman berharga yang kami dapatkan selama KP di RL, yaitu kami diajak meetup dengan salah satu klien di Jakarta. Tapi maklum, baru pertama kali ini diajak meeting, ketemunya sama orang-orang yang profesional pula, da kita mah apa atuh wkwk.

Oh iya, sekalian juga mau minta maaf ke Pak Hari yang waktu itu bawa kita meeting. Maafkan kami yang masih cupu dalam menghadapi klien, ya Pak… Maafkan kami yang membuat malu karena tidak dapat berkata apa-apa :”””. Kalau ada kesempatan lain, mungkin akan kami perbaiki hehe. Terima kasih juga karena udah diajak, jadi kami dapat pengalaman bagaimana nanti situasi real di dunia kerja.

Di Jakarta, kami juga bertemu salah satu pendiri RL yang ada di Jakarta, namanya Pak Faizal. Beliau juga merupakan alumni IF ITB 2006. Katanya, Pak Faizal ini yang mengurusi bisnis RL di Jakarta, jadi proyek kedua yang sedang kami tangani saat ini adalah hasil deal yang didapatkan Pak Faizal sebelumnya. Hebat ya… *clapping* haha

Saran yang di kasih Pak Tito yang paling saya ingat setelah selesai Kick Off Meeting kurang lebih beliau berkata seperti ini, “..Kita itu mesti punya lidah yang lihay, buat memberikan kesan meyakinkan ke klien..”. Kita pantang menyebutkan kata “Saya kurang/tidak tahu” tapi lebih baik bilangnya “Nanti akan saya coba tanyakan ke Pak Anu” –misalnya kalo kita memang tidak tau jawaban dari pertanyaan yang diajukan klien–

Fasilitas di RL

Katanya juga kalo kami bosan, kami dibolehkan untuk jalan-jalan dulu sebentar untuk menikmati kantor tapi mungkin karena mager kami ga pernah melakukannya wkwk. Fasilitas yang ada di RL hampir sama seperti kantor-kantor startup pada umumnya, ada wifi, toilet, ruang main yang sekaligus jadi tempat solat, dan dapur.

Ohya, sekedar informasi aja, salah satu nilai plus KP di RL itu adalah lingkungan kerjanya yang homy banget, orang kantornya ramah-ramah dan masih pada muda 🙂 Jadi ga kaku-kaku amat hehe.

Dapet Makan Siang Gratis

Yaah lumayan, kalo anak kosan dikasih makan gratis pasti bahagia 🙂 Pokoknya selama dua bulan itu, kondisi asupan gizi kami cukup memadai 🙂

KP RadyaLabs ITB_02

Salah satu menu makan siang favorit kami di RL 🙂

Dapet Banyaaak Teman Baru

Selain nambah ilmu dan pengalaman, selama KP di RL juga kami mendapatkan banyak teman baru. Karena waktu itu lagi musim KP, banyak mahasiswa dari univ lain yang KP di RL juga. Totalnya ada 11 mahasiswa yang KP di RL, dari ITB (3 orang), ITHB (3 orang), dan Polban (5 orang).

KP RadyaLabs ITB_03

Wefie di “Ruang KP Pingpong”

KP RadyaLabs ITB_04

Wefie bareng teman dari Polban dan ITHB

KP RadyaLabs ITB_05

Suasana hari terakhir kami KP di RL, nyemil2 cantik Pizza sama J.CO

Kebetulan hari itu (18 Agustus 2016), selain yang dari ITB, yang dari ITHB juga telah berakhir masa KP-nya. Jadi, 6 dari 11 orang yang KP di RL pergi meninggalkan RL. Terisa 5 mahasiswa lagi yang dari Polban.

Sebelum mengakhiri postingan kali ini….

Sekali lagi, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada RL atas kesempatan yang diberikan sehingga kami merasakan bagaimana rasanya menjadi bagian dari RL selama 10 minggu terakhir. Terima kasih Pak Tito atas nasihat-nasihatnya buat kami kedepannya. Terima kasih Pak Hari yang sudah membimbing kami selama KP dan terkadang dibuat malu hehe. Terima kasih kakak-kakak di RL semuanya :).

*Walaupun sebenarnya ga yakin ini bakal dibaca sama RL apa ngga*

KP RadyaLabs ITB_06

Bersama Pak Hari, PM proyek “Aplikasi Employee Benefit” sekaligus pembimbing KP kami di RL

Sekian sharing pengalaman kami setelah menjalani KP di Radya Labs. Semoga ada manfaatnya bagi para pembaca sekalian, atau mungkin ada yang tertarik buat gabung RL kedepannya, atau apapun itu hehe.

KP RadyaLabs ITB_07

Awal KP vs Akhir KP, masih sama terlihat bahagia kan? hehe

Byebye, sampai bertemu di postingan selanjutnya 🙂

 

Advertisements

3 thoughts on “10 Minggu Internship di RadyaLabs

  1. Halo Dewi,

    Kebetulan kebaca nih sama saya (padahal emang lagi nyari-nyari aja).
    Thank you for the kind word buat kita, semoga KP di RL bisa bermanfaat buat ke depannya.

    Glad to have you guys in our team 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s