Modul Wifi ESP8266: (75% Berhasil) Berkirim Data

Assalamualaikum Wr. Wb…

Yeeeaaayy alhamdulillah bisa dilihat dari judulnya, bahwa postingan kali ini kelompok kami membawa kabar yang cukup menggembirakan hehe. Jadi, setelah sekian banyak percobaan yang dilakukan agar modul wifi8266 dapat berkirim data ke server, akhirnya kelompok kami telah berhasil kira-kira sebesar 75%. Mengapa 75%? Alasannya karena dalam percobaan ini, modul wifi esp8266 baru dapat  mengirim data ke server berdasarkan data yang kita define sendiri, bukan merupakan data pembacaan sensor suhu ataupun sensor lainnya. Dan alasan lainnya, yaitu karena proses berkirim data ini masih dilakukan secara manual melalui serial monitor, belum otomatis menggunakan source code .php yang menyimpan semua command-nya. Namun, secara garis besar kelompok kami telah 75% lah yaa.. tinggal menambahkan beberapa fungsi dan mencari tahu bagaimana agar proses berkirim data menjadi otomatis. Ini juga semua berkat beberapa kelompok lainnya yang telah banyak berhasil jadinya kami mengikuti langkah mereka…

Thanks yaa temen-temen 🙂 hehe

Okedeh langsung saja kita kupas secara tuntas cerita dibalik keberhasilan ini.

Note:

Ternyata kesalahan yang kami lakukan dari percobaan sebelumnya adalah kami salah menghitung byte untuk command yang akan dikirimkan ke server. Dulu, kami kami pikir command “AT+CIPSEND=panjang_byte” dapat diisikan oleh angka berapa aja, makanya kami sesuka hati mengalokasikan 200. Tapi ternyata, panjang byte itu harus benar-benar sama persis dengan jumlah byte dari karakter yang akan dikirimkan sebagai command-nya.

Alat yang digunakan

Seperti biasa, alat yang digunakan adalah sebagai berikut.

  1. Arduino UNO+USBnya
  2. Breadboard
  3. Modul Wifi ESP8266
  4. Jumper seperlunya
  5. PC/Laptop
  6. IDE Arduino
  7. Software Connectify
  8. Software XAMPP versi v3.2.1 atau versi lainnya
  9. [Tambahan] Tekad dan Semangat ! ^^9

Langkah yang Dilakukan

1. Mengaktifkan Server

Langkah awal yang harus di lakukan adalah dengan menjadikan PC kita sebagai server dengan menggunakan software XAMPP. Setelah itu, Klik “START” pada bagian Apche.

ESP5

2. Membuat Akses Poin

Setelah mengaktifkan server, langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah membuat akses poin dengan menggunakan software Connectify. Dalam kasus ini, yang saya buat adalah akses poin dengan nama SSID=”Connectify-Dewz” dengan password= “robuqes9”.

ESP6

 

3. Cari Tahu IP Server

Setelah membuat PC menjadi server dan telah membuat akses poin, maka selanjutnya adalah mencari tahu alamat IP dari server yang akan kita konensikan. Dalam hal ini, karena PC kami sendiri yang akan menjadi servernya, maka tinggal dilihat alamat IPnya dengan mengetikkan command “ipconfig” pada Command Prompt.

ESP4

Karena sebenarnya kita juga menggunkan software Connectify, alamat IP Server dapat dilihat juga dari softawe Connectify-nya seperti yang dapat dilihat pada gambar dibawah ini.  ESP3

4. Membuat Rangkaian Arduino dengan ESP8266

Langkah selanjutnya dan langkah yang paling penting yaitu merangkai arduino dengan modul wifi ESP8266 tentunya hehe. Sebenerya rangkaiannya sama dengan yang sebelumnya, tapi supaya lebih jelas dan lengkap yaudah deh aku tunjukkin lagi ya rangkaiannya. Ini nih.

ESP10

5. Membuat Source Code .php

Next, yang perlu dilakukan adalah membuat source code .php yang berfungsi sebagai file eksekutor, yang nantinya file ini akan digunakan untuk menuliskan hal-hal/perintah yang harus Arduino lakukan setelah menerima perintah dari Serial Monitor. Dalam kasus ini, file .php yang kami gunakan disini berfungsi untuk membuat sebuah file external yang bernama “myFile.txt” yang isinya adalah data yang dikirim dari Serial Monitor, data ini kami define sendiri. Berikut merupakan gambar isi dari file TES_ESP.php yang digunakan.

ESP9

6. Mengupload Source Code Kosong ke Arduino

Langkah keenam adalah mengupload source code kosong ke Arduino.

ESP7

7. Melakukan Beberapa Command pada Serial Monitor

Setelah selesai mengupload, buka Serial Monitor dengan menekan tombol kombinasi “CTRL+SHIFT+M”. Oh ya, jangan lupa mengubah pengaturan di Serial Monitor menjadi “Both NL+CR” dan “115200 baud” di bagian kanan bawah Serial Monitornya. Kemudian memasukkan beberapa line command seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut.

ESP1

Berikut merupakan penjelasan dari step-step di atas.

Step 1

Mengetikkan command AT+CWJAP=”Connectify-Dewz”,”robuqes9″ pada Serial Monitor agar ESP8266 terkoneksi ke akses poin yang telah dibuat sebelumnya.

Step 2

Setelah berhasil terkoneksi ke akses poin, selanjutnya adalah dengan mengetikkan command AT+CIPSTART=”TCP”,”192.168.99.1″,80 untuk memulai koneksi ke server. “TCP” merupakan jenis protokol yang akan digunakan pada koneksi yang akan dilakukan.”192.168.99.1″ merupakan alamat IP dari server. Cara melihat alamat IP Server dapat dilihat pada Langkah 3 tadi. “80” merupakan port yang ingin disambungkannya.

Step 3

Setelah berhasil melewati step 1 dan step 2, step selanjutnya adalah mengetikkan command AT+CIPSEND=73. Hal ini digunakan untuk memberitahukan panjang byte command yang akan dikirimkan. Karena command yang akan dikirimkan adalah “GET /TES_ESP.php?data=Disini_tulis_data_yang_akan_dikirim HTTP/1.0/1/\r\n” maka panjang byte nya adalah 73. Cara menghitung panjang byte dapat dilakukan melalui website yang menyediakan jasa perhitungan byte seperti yang terlihat pada gambar berikut.

ESP8

Step 4

Mengetikkan command “GET /TES_ESP.php?data=Disini_tulis_data_yang_akan_dikirim HTTP/1.0/1/” pada Serial Monitor kemudian mengetikkan enter sebanyak 2x. Jika berhasil, maka akan ada balasan berkode 200 yang menunjukkan bahwa data berhasil dikirim ke server.

 

Hasil Akhir

Setelah melewati beberapa langkah di atas dengan berhasil, maka hasil yang akan didapatkan adalah terbuatnya file external bernama “myFile.txt” yang tesimpan di server, satu directory dengan source code TES_ESP.php-nya. Isi dari file ini adalah sesuai dengan apa yang telah dikirimkan sebelumnya. Isi dari myFile.txt dapat dilihat pada gambar di bawah.

ESP2

Sekian penjelasan mengenai progress kali ini. Nantikan postingan selanjutnya yang akan membahas progres mengenai tugas proyek akhir dan perjalanan untuk memahami modul wifi esp8266 hehe.

Bye.

Referensi

[1] Blog Andra

[2] Blog Airen

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s