Modul Wifi ESP8266: (Mencoba Lagi) Berkirim Data

Assalamualaikum Wr Wb..

Selamat Malam pembaca setia wkwk

Berjumpa lagi bersama saya setelah vakum untuk sesaat hehe.

Oiya sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih dulu kepada teman tersayang saya dalam suka maupun duka (Duh jadi melow haha), yaitu Uswah karena telah berbaik hati meminjamkan saya laptop agar saya dapat menuliskan posting-postingan ini. Yaa walaupun sangat sedih karena laptop kesayangan satu-satunya harus menginap sejak seminggu lalu di rumah mang servis, ya jadi apa boleh buat.

Oke back to the topic,

Malam ini saya akan menuliskan progress mengenai proyek tugas besar, perjalanan mengenal modul wifi esp8266 agar dapat berkirim data, dan progress mengenai hasil coba-coba modul Ethernet yang telah dipinjam minggu kemarin.

Oke untuk postingan pertama ini saya akan menceritakan mengenai perjalanan dari mempelajari dan memahami modul wifi esp8266 agar dapat berkirim data ke server. Setelah berminggu-minggu lamanya, sepertinya kelompok kami belum berhasil memahami si esp8266 ini hehe.. Pasalnya setelah berkali-kali mencoba kami masih belum bisa mendapatkan hasil seperti yang diinginkan huhuuu. Yasudah deh untuk lebih jelasnya mari simak cerita kelompok kami (dari sudut pandangku) ini haha…

Alat yang digunakan

  1. Arduino UNO + Kabel USB
  2. Breadbosrd
  3. Modul Wifi ESP8266
  4. Sensor Suhu LM35
  5. Jumper

 

Langkah yang dilakukan

1. Merangkai rangkaian

Seperti biasa, hal pertama yang kami lakukan adalah merangkai rangkaian sesuai dengan referensi yang kami gunakan. Dalam hal ini, rangkaian yang kami gunakan adalah sebagai berikut.

21589

 

2. Mengkoneksikan Modul ESP8266 ke poin akses terdekat

Setelah selesai merangkai, langkah selanjutnya yang kami lakukan adalah mengkoneksikan modul esp 8266 ke akses poin terdekat. Dalam hal ini akses poin yang digunakan adalah hotspot pribadi salah satu anggota kelompok kami, yaitu Airen. Dengan SSID=Connectify-Ai dan password=airenrizky. Langkah lengkap mengenai tatacara agar modu wifi esp8266 dapat terkonesi ke akses poin terdekat dapat dilihat pada postingan saya sebelumnya, yaitu Berkenalan dengan Modul Wifi ESP8266.

Namun, dalam percobaan kali ini kami mencoba untuk mengkoneksikan knya se wifi nya tidak manual, melainkan melalui kodingan. Jadi tidak perlu memasukkan command melalui Serial Monitor. Niatnya sih supaya lebih cepat dan efisien. Beirikut kodingan yang kelompok kami gunakan.

21593

Namun sayangnya, kodingan itu ga jalan 😦 Malah setiap dieksekusi yang keluar hasilnya kek gini huhuuu.

21586

Berhubung cara otomatis tersebut gagal, yasudah deh kami mencoba dengan cara yang manual lagi. Berikut merupakan beberapa command yang kami gunakan.

  • AT+CWJAP=”ssid”,”password” (untuk terkoneksi ke access point)
  • AT+CIPSTART=”TCP”,”ip address”(port untuk koneksi ke server)
  • AT+CIPSEND=”data length” (untuk proses inisiasi mengirim data ke server)

2158721594

Setelah berhasil terkoneksi, kami mencoba untuk mengirimkan data ke server. Dalam hal ini kelompok kami mencoba mengikuti langkah-langkah yang dilakukan oleh kelompok Huntul, karena kelompok mereka lebih ada kemajuan dibandingkan dengan kelompok kami hehe..

Setelah mengikuti semua arahan yang ada di blog tersebut, didapet deh hasil yang seperti ini. Ada tulisan “SEND OK” yang menunjukkan kalo data berhasil dikirim.

21591

Setelah dilakukan pengecekkan juga ada log yang menunjukkan kalo data berhasil dikirim.

21590

Tapi……

Sebenarnya saya sendiri masih bingung bagaimana melihat data yang dikirimkan itu huhuuu. Nanti mau tanya-tanya lagi ke kelompok yang udah berhasil deh ..

 

Sekian untuk progress kali ini.

Wassalamualaikum Wr Wb.

Referensi

[1] http://www.boarduino.web.id/2015/08/monitoring-suhu-melalui-internet-dengan.html

[2] Blog Huntul

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s