Ide Final Proyek Akhir

Assalamualaikum pembaca setia blog saya 🙂

Semoga hari ini kalian semua sehat-sehat ya. Aamiin.

Langsung saja pada postingan kali ini saya akan menuliskan deskripsi dari ide proyek akhir untuk mata kuliah Interaksi Manusia dengan Komputer dan  Antarmuka (a.k.a IMKA). Jadi, kelompok kami rencananya akan membuat “Pet/Cat Feeder”. Sebelumnya kami memiliki 3 ide sebagai ide untuk proyek akhir, yaitu ada Pet/Cat Feeder, Printer Braile, dan Get Bus. Namun setelah melalui tahap penilaian dengan menggunakan feasibility matriks (proses pemilihan ide dapat dilihat Ide-Ide Proyek Akhir), akhirnya kelompok kami memutuskan untuk membuat Pet Feeder. Yeaaay !!. Untuk lebih jelasnya, rincian mengenai Pet/Cat Feeder dapat dilihat pada uraian berikut.

LATAR BELAKANG

Alasan utama kelompok kami memilih topik/membuat Pet Feeder adalah karena (sebagian dari) kami merupakan pecinta kucing :3. Dengan adanya Pet Feeder, kita tidak perlu lagi khawatir kelupaan ngasih makan pet (kucing, dkk) jika kita sedang berada di luar rumah ketika jam makan kucing telah tiba. Jadi daripada merasa bersalah dan mendapatkan dosa karena tidak memberi makan hewan peliharaan, maka kami memutuskan untuk membuat Pet Feeder.

Sebenarnya Pet Feeder dikhususkan untuk mereka -pemilik pet- yang sering berada jauh dari pet-nya sehingga mereka kesulitan untuk memberi makan pet. Namun tidak menutup kemungkinan juga untuk pemilik-pemilik pet lainnya yang menyayangi petnya agar memiliki “alat pemberi makan” yang kece seperti Pet Feeder buatan kelompok kami ini hihihihihii.

OVERVIEW

Pet Feeder terdiri dari 2 fungsionalitas utama, yaitu dapat “menumpahkan” stok makanan pet ke wadah untuk mereka makan berdasarkan waktu yang ditentukan dan memberikan informasi ke pemilik pet bahwa makanan yang “ditumpahkan” itu benar-benar dimakan oleh pet atau tidak.

Pengguna/pemilik pet dapat mengontrol waktu yang tepat untuk memberi makan pet-nya melalui web-based interaction. Jadi, ketika pemilik sedang berada diluar rumah dan kemungkinan akan melewatkan jam makan si pet, maka pemilik tidak perlu lagi khawatir mengenai kondisi petnya. Karena pemilik dapat menjadwalkan waktu agar stok makanan pet dapat membuka tutupnya secara otomatis dan “menumpahkan” makanan tersebut ke mangkuk si pet.

Input

Dalam operasionalnya, Pet Feeder menerima input dari pengguna dan input dari pembacaan sensor cahaya. Input dari pengguna berupa waktu untuk penutup stok makanan terbuka. Setelah Pet Feeder menerima masukkan timing untuk membuka penutupnya, penutup secara otomatis akan terbuka dengan bantuan motor servo.

Sedangkan pembacaan sensor cahaya digunakan sebagai indikator untuk memberitahukan kepada pemilih bahwa persediaan makanan masih memadai atau tidak. Jika persediaan makanan telah hapir habis, akan ada bunyi buzzer dan lampu led merah menyala yang menandakan bahwa pemilik harus segera me-refill makanan.

Proses

Ketika ingin membuka penutup dari Pet Feeder, maka pemilik pet terlebih dahulu harus mengisi jadwalnya di dalam web-based interface. Jadi pemilik harus memasukkan tanggal dan jam yang diinginkan. Setelah itu, jadwal yang pemilik tentukan akan langsung tersinkronisasi dengan board Arduino melalui bantuan dari modul wifi.

Output

Output dari sistem pet feeder ini adalah jadwal makan pet yang dapat secara real-time dimodifikasi (sangat fleksibel) oleh si pemilik.

 

Berikut merupakan gambar untuk input-proses-output.

1. Diagram input-proses-output untuk keseluruhan proses.

ok1

2. Diagram untuk pemberitahuan jika makanan habis.

okl

 

DESAIN

Yaa untuk secara garis besarnya desain dari proyek Pet Feeder ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

IMG_20160317_133822

[Maafkan skala gambarnya ga pas ._________. -created by Adinda]

Sebenernya gambar di atas bukan desain final. Kami masih memikirkan untuk desain yang paling optimal itu bagaimana. Model di atas  terdiri atas 2 bagian, yang pertama adalah bagian dimana terdapat 2 tabung stok makanan dan satu tempat untuk mix makanan. Hal ini bertujuan untuk jika misalkan pemilik memiliki 2 macam menu yang berbeda untuk pet nya (misal ada makanan biasa dan vitamin). Jadi pemilik dapat melakukan “mixing” terhadap menu makan si pet.

Bagian yang kedua adalah gambar yang di bawahnya (yang kayak kincir air wkwk). Tujuan dari bagian ini adalah sebagai penakar makanan. Jadi takaran untuk pemberian makan pet dapat terkontrol/ terukur dengan baik.

Pintu 1 dan Pintu 2 akan terbuka ketika ada request dari pemilik untuk memberi makan pet. kemudian motor yang ketiga akan otomatis berputar ke kiri (arah pembaca) untuk menampung makanan yang telah di mix. Makanan akan memenuhi ruang 1. Sedangkan ruang yang lainnya tertutup. Setelah ruang 1 terpenuhi makanan, maka motor ketiga akan berputar ke kanan dan menumpahkan makanan ke wadah/ mangkuk untuk makan si pet.

Spesifikasi Desain

Desain Sistem

Berikut merupakan gambar desain sistem dari Cat Feeder.

ai01

Desain Hardware

Berikut merupakan  desain hardware untuk Cat Feeder

ALAT YANG DIGUNAKAN

  1. Arduino Uno+Kabelnya
  2. Breadboard
  3. Motor Servo
  4. Sensor cahaya
  5. LED Merah, hijau
  6. Buzzer
  7. Modul WIfi ESP

Hardware block design(rangkaiannya)

Desain Software

Berikut merupakan software block design (flow diagram) dari Cat Feeder.

ai02

 

REFERENSI

[1] Arduino Cookbook

[2] http://www.instructables.com/id/Arduino-controled-dog-foodtreat-dispenser/

[3] http://www.instructables.com/id/Automatic-Arduino-Powered-Pet-Feeder/

[4] https://www.youtube.com/watch?v=cHsRC4yNpPw&feature=youtu.be

 

[To be continued..]

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s