Proyek Arduino #2: Kalkulator Sederhana

Assalamualaikum…

Berjumpa lagi bersama saya disini hehe. Proyek kali ini kelompok kami membuat sebuah kalkulator sederhana. Oke tanpa basa basi langsung aja kita move on ke progress pengerjaan proyek ini. Let’s check it out..

Alat yang digunakan

  1. Arduino UNO + kabelnya
  2. Breadboard
  3. LCD 2×16
  4. Potensiometer 10K ohm
  5. Keypad 4×4
  6. Kabel jumper secukupnya
  7. Laptop/PC
  8. Solder dan timahnya

Proses Pengerjaan

23 Februari 2016

Seperti biasa, proyek ini kami kerjakan pertama kali pada hari Selasa, 23 Februari 2016. Setelah saya dan Dinda selesai kelas KWN, kami mulai mengerjakannya. Oh iya, ada anggota baru dalam kelompok kami, yaitu Teh Ipah (Ipah Umu Abiba, 18211038). Jadi pada percobaan pertama ini yang mengerjakan ada Airen, saya, Teh Ipah, dan Dinda. Sebelumnya Teh Ipah dan Airen telah mencoba mengerjakan modul wifi terlebih dahulu saat saya masih kelas. Akhirnya kami berempat (minus Yuni karena dia lagi ada urusan) mulai mengerjakan proyek kedua ini.

Pada hari Selasa, kami mencoba fungsionalitas dari keypad terlebih dahulu, kami mencobanya dengan cara menghubungkan keypad ke Serial Monitor. Setelah dirangkai sesuai dengan instruksi yang ditemukan di referensi, akhirnya kami berhasil. Di Serial Monitor menunjukkan angka yang sama dengan apa yang kami tekan di keypad. Tapi sayangnya (lagi-lagi) kami lupa menyimpan dokumentasi untuk proses keberhasilan ini huhuuu.

keypad.png

(source code untuk mencoba keypad dapat dilihat disini)

Setelah berhasil, kami mencoba untuk mencoba fungsionlitas lcd nya, source code yang kami gunakan dapat dilihat di sini. Sedangkan rangkaiannya adalah sebagai berikut.

LCD Arduino

Awalnya LCD hanya menunjukkan kotak-kotak seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

hhhhh (1)

Setelah di goyang-goyang rangkaiannya (kabelnya) akhirnya LCD menunjukkan sesuatu, tapi yang ada dilayar LCD aneh, tidak sesuai yang diinginkan. Padahal kami menginginkan tulisan “HELLO, THERE” yang muncul, tapi yang muncul malah “H4LLO, THERE”.

*Asumsi sementara: LCD ngaco karena kabelnya ga pas. Soalnya kami tidak menyolder LCD-nya.

hhhhh (2)

Selanjutnya setelah di-upload ulang, tulisannya makin ngaco. Yang muncul jadi “H7803, THERE”.

*Hmmm kami tidak tahu apa yang sedang terjadiii T.T padahal rangkaian sudah mengikuti seperti yang ada di referensi.

h78

Karena mendapati hasil yang tidak sesuai, akhirnya Airen mencoba mengecek source code-nya. Setelah diteliti dengan seksama, akhirnya Airen menemukan letak kesalahan dari kodingannya. Dia menghapus beberapa baris kodingan yang dirasa tidak perlu, dan violaaaaa.. akhirnya LCD menunjukkan kalimat yang diinginkan, yaitu “HELLO, THERE” (hahahahaha akhirnyaaa… Padahal cuma ngetes LCD, tapi lamaa banget)

IMG_20160223_191734.jpg

Karena hari telah semakin larut, akhirnya kami memutuskan untuk beristirahat dan akan melanjutkan mengerjakannya minggu depan, karena minggu ini kami akan mengerjakan deadline tubes TOGAF dulu *halaaaaah*.

Seminggu kemudian…

1 Maret 2016

Kami mulai mencoba kembali untuk melanjutnkan membuat kalkulator sederhana dengan menggunakan referensi 1 yang kami temukan di internet. Rangkaian yang digunakan adalah sebagai berikut.

FXHEIYRHXII54EY.MEDIUM

Source code yang kami dapatkan dari referensi tersebut berhasil di-compile dan di-upload, namun saat dieksekusi, hasil yang didapatkan tidak seperti yang diinginkan. Hasilnya bisa dilihat pada gambar-gambar berikut.

This slideshow requires JavaScript.

LCD menunjukkan angka yang tidak sesuai dengan yang kami tekan di keypad. Aneh. Padahal kami rasanya telah melakukannya dengan benar huuuhuuu. Setelah berkali-kali merangkai ulang dan mencari-cari letak kesalahannya, akhirnya kapi cape juga *haha*. Yaudah deh kami akhiri kerja kelompok hari itu karena jam sudah menunjukkan pukul 18.30 dan kami (Saya, Dinda, Airen) harus menghadiri LPJ HMIF pada jam 19.00-nya.

2 Maret 2016

Besoknya, di kosan saya (minus Teh Ipah) kami melanjutkan mengerjakan proyek ini. Sebelumnya Airen dan Dinda pergi ke Toko Anam untuk beli alat yang kurang.

Yang kami gunakan sekarang adalah sumber referensi kedua. Rangkaian yang dibuat adalah sebagai berikut.

sketch

(source code dan rangkaian original dapat dilihat langsung pada link referensi 2 atau disini)

Kemudian kami meng-compile code-nya, tapi anehnya code tidak dapat di-upload ke board arduino. Malah muncul pesan kesalahan seperti ini.

error

Terus saya coba terus upload code tersebut ke arduino dengan mengabaikan pesannya. Dan akhirnya code berhasil di-upload, tapi (lagi..lagi..lagi..) kami -Saya, Airen, Dinda, minus Yuni karena dia LPJ- mendapatkan hasil yang tidak diharapkan 😦 LCD cuma nampilin kotak-kotak aja sama kek hari-hari sebelumnya.

IMG_20160302_215608

IMG_20160302_215658
IMG_20160302_221920

Asumsi sementara: LCD harus disolder supaya rangkaiannya/ kabelnya ga gampang berubah ketika kena senggol.

3 Maret 2016

Di perpus..

Kami mulai mengerjakan ulang dengan mencoba referensi yang baru (lihat referensi 3). KAmi meminjam LCD yang telah disolder ke kelompok Monik *makasih Monik dkk*.

Setelah kami mencoba mengeerjakan ulang menggunakan LCD yang telah disolder, kami mendapati hasil yang sama seperti yang sebelum-sebelumnya . LCD-nya hanya menampilkan kotak-kotak (Lihat gambar di bawah) 😦 di LCD tidak muncul angka apapun ketika keypad ditekan. Hmm berarti asumsi kami bahwa LCD harus disolder itu salah, karena disolder atau tidak disolder, hasilnya sama aja T.T Hikssss.

IMG_20160303_123137

Hasil nyoba dari referensi 3:

Akhirnya kami semua memutuskan untuk mengakhiri pengerjaan proyek ini dan akan menerima hasil yang didapatkan dengan lapang dada *haha*. Tapi eh tapi… pas malemnya Yuni nge-chat di grup (lihat ga,bar dibawah) kalo dia berhasil buat kalkulator sederhana.
yunnn.jpg

Dia bilang katanya memakai sumber referensi yang sama seperti tadi, dia pake referensi 2. Yeayyyy alhamdulillah akhirnya berhasil juga *nangis terharu*. Yaa walaupun cuma Yuni yang bisa menyaksikan keberhasilannya tersebut secara langsung, kami sekelompok merasa senang  :)). Nih ada penampakan dari kalkulatornya. (maap gambar kurang lengkap)

108463

Berikut videonya.

 

Jadi kami menyimpulkan bahwa:

  1. Selama ini kami kurang paham dengan konfigurasi pinnya, atau mungkin kami salah memasukkan jumper ke pin yang tepat (karena kecil-kecil kan..)
  2. Mungkin karena kurang teliti dan fokus kami jadi rangkaian yang dibuat kurang sesuai dengan yang sudah dijelaskan di referensi *padahal ngaku2 udah sesuai*
  3. Kami kurang sabar, karena jika code tidak berhasil dieksekusi, kami langsung bongkar ulang rangkaiannya atau berganti sumber referensi, karena merasa bahwa rangkaiannya yang salah. Harusnya dicek juga codenya. Siapa tau letak kesalahan cuma ada pada konfogurasi pinnya. Kalo bongkar-pasang terus jadinya cepet cape kan.. haha

Hikmah yang didapatkan

Yaaah walaupun proyek yang kami kerjakan berhari-hari ini *lebay* gagal, tapi kami tidak berkecil hati, seperti kata Pak Soni (dosen pengajar IMKA) sendiri, “..yang penting itu proses, bukan hasil.. Kalo gagal di percobaan pertama, kedua, ketiga.. Terus coba lagi, ulangi lagi.. Namanya juga mahasiswa, masih belajar..” ehehehe

Mungkin selanjutnya kami akan bertanya pada kelompok-kelompok lain yang telah berhasil membuat kalkulator sederhana dan mencobanya sesuai arahan dari mereka.

Memang dibutuhkan banyak kesabaran dan ketelitian dalam mengerjakan proyek ini. Yang pasti jika kalian (baca: pembaca) menemui banyak kegagalan seperti yang kelompok saya alami, jangan berkecil hati ya. Terus semangat dan mencoba *sok bijak* haha (^9^)9

Sekian untuk curhatan kali ini. Mohon maaf jika ada pihak yang kurang berkenan dengan tulisan ini. Atas semua perhatiannya dan ketersediaannya untuk meluangkan waktu membaca curhatan ini sampai akhir, saya ucapkan terima kasih 🙂

Wassalamualaikum Wr Wb.

Referensi

[1] http://www.instructables.com/id/Arduino-Calculator/?ALLSTEPS

[2] http://www.vathsav.com/post/arduino_calculator.html

[3] http://raosanfikri.blogspot.co.id/2014/03/membuat-kalkulator-dengan-arduino.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s